Misteri peri




Banyak anggapan tentang sesosok makhluk yang disebut 'peri'. Khususnya di Celtik dan daratan Irlandia, peri adalah orang kerdil yang memiliki kekuatan besar dan berwibawa. Bahkan, bagi orang keturunan Irlandia, peri merupakan asal mula nenek moyang mereka, yaitu Tuatha de Danaan. Peri juga dipercaya hidup di bawah tanah, di dalam dan atas air, serta memiliki sayap. Ada beberapa kontroversi di antara para peneliti mengenai apa sebenarnya peri ini. Kepercayaan terhadap sosok peri ini pun sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu, di mana segalanya dikelilingi oleh roh atau arwah. Bagi yang percaya, peri dapat menyerupai berbagai bentuk, seperti wanita tua, kupu-kupu, kucing, penyihir, ulat,  bahkan hembusan angin. Ukuran mereka pun bervariasi, mulai seukuran serangga hingga sebesar manusia. Mereka pun dipercaya dapat menembus dua dunia hanya dengan menjentikan jari atau mengerutkan hidungnya.
Di samping itu, mereka dikabarkan memiliki keahlian sihir alami yang dapat membuat mereka tidak terlihat dan tidak pernah dapat dilihat oleh mata manusia, kecuali atas kemauan mereka sendiri.

Sekilas tentang makhluk halus/ghaib


            Makhluk halus secara umum merujuk pada kehidupan setelah kematian. Makhluk halus juga dikaitkan dengan roh atau arwah yang meninggalkan badan karena kematian. Tidak mempunyai tubuh kasar seperti manusia, hanya bayangan badan dan biasanya digambarkan ”berkilauan”, ”berbayang”, ”seperti kabut”, atau bayangan. Definisi dari makhluk halus pada umumnya berbeda untuk setiap agama, peradaban, maupun adat istiadat.
            Makhluk halus dipercaya keberadaannya oleh hampir semua umat manusia yang mempercayai adanya Tuhan, meskipun hanya sebagian kecil yang mengaku pernah melihat makhluk halus secara langsung. Beberapa urban legend juga mengenal berbagai macam bentuk makhluk halus yang biasanya terkait dengan riwayat sebab-akibat kematian orang yang menjadi makhluk halus. Meskipun bukan merupakan hantu, beberapa bentuk makhluk supernatural dikenal pula dalam mitos masyarakat, yang dianggap sebagai cara seseorang dalam menempuh ilmu tertentu atau mencari kemuliaan.

Kehidupan Makhluk Halus


            Kehidupan makhluk halus sebenarnya hampir mirip dengan kehidupan makhluk manusia. Bellavia Ariesta Dofi dalam bukunya yang berjudul Psikologi Makhluk Halus menyatakan bahwa bentuk anatomi tubuh, cara berbicara, ungkapan perasaan makhluk halus hampir ada kemiripan dengan manusia. Perbedaannya hanya tidak tampak oleh mata awam, karena tidak memiliki jasad kasar (penampilan fisik) mereka berbeda dengan para manusia yang masih hidup di bumi. Manusia dan makhluk halus hidup bersama di dunia, hanya alamnya saja yang berbeda. Kedua makhluk ini dalam kehidupan sebenarnya saling berebut pengaruh dan berinteraksi secara kejiwaan. Perbedaan antara keduanya adalah jika manusia memiliki jasad yang yang tidak mudah bergerak dalam ruang dan waktu, sedangkan makhluk halus berbentuk tetapi tidak mempunyai wadah jasad sehingga keluar masuk kemana saja termasuk lubang kunci yang sempitpun dapat dilakukan dengan leluasa.
            Menurut Bellavia Ariesta Dofi berdasarkan hasil survey metafisika (teropong gaib) yang pernah dilakukan secara intensif, disimpulkan bahwa terdapat dua macam jenis makhluk menurut asal-muasalnya :
           
  1. Makhluk halus asli yang memang sejak awal mula mereka dilahirkan oleh orang tuanya sebagai makhluk halus, berasal secara turun menurun.
  2. Makhluk halus yang semula berasal dari energi arwah manusia yang telah meninggal. Seperti halnya juga manusia, ada arwah yang baik dan ada juga yang jahat, ada yang pintar dan ada juga yang bodoh, ada yang beradab dan ada juga yang biadab, dan sebagainya.

            Mungkin banyak dari anggota masyarakat kita ada yang mempercayai tentang hal-hal gaib namun ada juga masyarakat yang menganggapnya takhyul belaka. Semuanya terjadi disebabkan karena ada orang yang bisa melihat sosok makhluk halus, berkomunikasi, mengganggu, atau menertawakan secara langsung.di samping itu banyak juga masyarakat yang masih awam tentang kehidupan makhluk halus, tetapi terkadang mereka mempunyai perasaan takut yang tak pernah bisa hilang.
            Sesungguhnya manusia bisa mempelajari tentang ilmu ghaib yang mana jika dilihat dari segi positifnya kita tidak akan lagi merasa ketakutan dan tidak merasa kesepian. Awalnya mungkin kita takut tetapi lama kelamaan kita akan terbiasa dan tidak takut lagi.
            Biasanya untuk dapat berinteraksi dengan makhluk halus, kita dapat melakukannya dengan mata hati, menangkap getaran dalam ritme alami. Cara manusia berkomunikasi dengan para makhluk halus yaitu dengan cara menggunakan bahasa batin, berbicara dalam hati sambil berkonsentrasi penuh dan menatap muka para makhluk halus itu dengan tatapan yang serius tanpa ada keragu-raguan. Bahasa yang digunakan hampir sama dengan bahasa kita sehari-hari sebagai manusia sesuai dengan keberadaan daerah kita berada.
            Makhluk halus juga memiliki kepekaan perasaan, ada rasa sedih (bisa mengeluarkan air mata), senang (diekspresikan dari sikap suka tertawa-tawa), marah (muka merah padam dan berbicara keras kasar), benci (memperlihatkan ekspresi muka yang tidak senang secara berlebihan), cinta (terlihat begitu romantis dan menjadi penurut, sikapnya kalem, muka tersenyum tersipu-sipu, nampak senang berlebihan terhadap lawan jenis dan juga dapat mencintai manusia). Mereka (makhluk halus) memiliki daya pikir tetapi terbatas (cara berpikirnya lurus, tidak bisa menganalisis dan diagnosis), tetapi hanya sebagai penyaji fakta (informasi), namun mereka juga suka berbohong maka dari itu harus dilakukan juga cross check informasi.
           

Jenis-jenis peri


            Kabarnya, terdapat berbagai macam peri dengan nama yang unik. Di antaranya adalah sebagai berikut:
           

1. Asrais


            kecil, lembut, peri laki-laki. Tidak bisa terkena sinar matahari langsung; selain itu mereka akan meleburkan diri kedalam kolam air.
           

2. Banshee


            "peri wanita"; merupakan jiwa yang melekat pada keluarga-kelurga tertentu. Ketika seorang anggota keluarga mendekati ajalnya, keluarga itu akan mendengar banshee menangis. Tidak selalu menakutkan.
           

3. Bogles


            Umumnya merupakan iblis-sifat dasarnya Goblin walaupun mereka cenderung untuk merugikan dengan cara melakukan kebohongan dan pembunuhan.
           

4. Brownies


            Umumnya senang berada disekitar manusia dan pekarangan rumah. Bersahabat dan benar-benar membantu.
           

5. Dwarfs


            bertubuh pendek gemuk dan kuat. Mencapai dewasa pada usia tiga tahun dan berwarna abu dan berjenggot pada usia tujuh tahun. Disebutkan bahwa mereka tidak bisa terlihat di bawah sinar matahari, sehingga untuk melihatnya harus membawa mereka ke batu. Bagaimanapun, ada ramuan dan mantera-mantera yang bisa membuat mereka tahan terhadap sinar matahari.
           

6. Dryads


            Mereka adalah jiwa yang menghuni pohon-pohon, khususnya pohon oak. Druid menggunakan mereka sebagai sumber inspirasi.
           

7. Elves


            Nama lain dari pasukan peri yang diketahui. Mereka dibagi lagi menjadi Seelie dan Unseelie.
           

8. Fir Darrig


            (Fear Deang) Secara praktis merupakan badut alam yang mengerikan. Mereka bisa merubah wajahnya menjadi siapapun yang diinginkannya.
           

9. Gnomes


            Elemen-elemen dasar bumi. Mereka hidup dibawah permukaan tanah dan menjaga harta-harta yang ada di bumi. Gnome pekerja logam yang mengagumkan, khususnya untuk pedang dan baju besi.
           

10. Goblins


            Adalah nama yang digunakan bagi spesies peri yang buruk. Tubuhnya kecil dan jahat, dan biasanya bergerombol karena akan kehilangan kemampuannya jika bertindak sendirian. Mereka biasanya dikendalikan oleh sebuah Mage untuk maksus-maksud jahat.
           

11. Gwragged Annwn


            (Gwageth anoon) merupakan peri air, yang kadang-kadang mengambil manusia pria untuk dijadikan suami-suaminya.
           

12. Gwyllion


            Merupakan hantu air scotlandia. Mereka sering tampak sebagai laki-laki berambut atau hantu wanita menyeramkan yang mencegat dan menyesatkan para pejalan malam hari di jalan-jalan pegunungan. Peri gunung senang duduk di atas batu pada salah satu sisi dari jalur pegunungan dan diam-diam mengawasi orang-orang yang menlintas.
           

13. HobGoblins


            Biasanya merupakan nama untuk makhluk kecil aneh namun bersahabat biasa kita sebut kurcaci.
           

14. Knockers (Buccas)


            Ruh daerah pertambangan yang bersahabat dengan para penambang. Mereka mengetuk lapisan bijih yang banyak kandungan logamnya.
           

15. Leprechauns


            Sangat lihai dan licik dan dapat menghilang dalam satu kejapan mata. Mereka terutama sekali sangat mencintai, dan aktif pada hari-hari Saint Patrick, tetapi hari apapun juga baik bagi mereka.
           

16. Mer-People-Mermaid


            Mereka tinggal didalam air, tetapi mereka mirip manusia dari pinggang ke atas dan memiliki ekor seperti ikan. Mereka sangat menarik sekali sehingga memikat nelayan-nelayan menuju kematiannya. Disebut juga Murdhuacha (muroo-cha) atau Merrows.
           

17. Pixies


            Sering berwujud landak. Mereka peri yang jahat yang senang mempermainkan manusia dan bangsa peri lainnya. Mereka juga senang mencuri kuda untuk ditunggangi.
           

18. Phouka


            Bisa terlihat dalam berbagai bentuk binatang dan biasanya berbahaya.
           

19. Redcap


            Salah satu iblis yang terkenal dari old Border Goblins . Dia tinggal di reruntuhan menara atau kastil-kastil, terutama yang memiliki sejarah kejahatan. Dia mewarnai topinya dalam darah manusia.
           

20. Shefro


            Peri laki-laki yang mengenakan jubah hijau dan topi merah.
           

21. Sidhe (shee)


            Nama untuk peri-peri yang tinggal di bawah permukaan tanah. Sebuah gundukan kuburan tua atau bukit kecil yang mempunyai pintu menuju kerajaan peri bawah tanah yang indah.
           

22. Sluagh


            Ruh penasaran yang kematiannya tak termaafkan, atau para penyembah berhala. Merupakan lawan yang hebat bagi peri dataran tinggi. Spriggans – Diceritakan berwajah jelek, aneh dan kerdil dalam dunia alami mereka, tetapi dapat merubah bentuk dalam ukuran raksasa. Spriggans merupakan gerombolan penjahat yang keji, ahli dalam mencuri, perusak yang cekatan dan membahayakan. Mereka mampu merampok rumah-rumah manusia, menculik anak-anak (dan meninggalkan seorang bayi Spriggan yang menjijikkan sebagai gantinya).
           

23. Trolls


            Tidak suka terkena sinar matahari. Mereka sering melakukan tarian bagian potongan telinga yang aneh yang disebut 'Henking'.
           

24. Trows


            Sama dengan Trolls dan menyukai mereka, anti terhadap sinar matahari. Mereka juga melakukan tarian 'Henking'.
           

25 Urisk


            Merupakan peri terpencil yang sering mendiami kolam-kolam sepi. Dia akan sering menampakkan diri pada rombongan manusia namun kemunculan yang aneh dan menyeramkan merupakan cara yang dilakukannya.
           

26. Water Fairies


            Adalah penyedia makanan bagi tanaman-tanaman dan pengambil kehidupan . Mereka mengkombinasikan kecantikan dengan penghianatan dan kematian. Mereka bisa menjadi teman atau lawan.
           
            Ada banyak pertanyaan yang belum terjawab> tentang peri, tetapi sepertinya keberadaannya tidak akan pernah diketahui. Sudah hampir selama beberapa  dekade ini tidak ada lagi laporan mengenai penampakan peri, dan jika mereka memang benar-benar pernah ada, mungkin kini habitat mereka  sudah terancam akibat polusi dan pencemaran yang dilakukan oleh manusia. Walaupun mereka memiliki ilmu sihir, bukan berati mereka akan kuat bertahan melawan kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh manusia.
           

            Sepertinya satu-satunya tempat di mana peri ada hanyalah di dalam pikiran anak-anak dan orang-orang yang pernah melihat penampakan makhluk misterius ini.
           

           
           

Komentar

Posting Komentar

Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="code">KODE ANDA DI SINI...</i> atau <i rel="pre">KODE ANDA DI SINI...</i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag <i rel="image">URL GAMBAR ANDA DI SINI...</i>
Untuk menyisipkan judul, gunakan tag <b rel="h3">JUDUL ANDA DI SINI...</b>
Untuk menyisipkan catatan, gunakan tag <b rel="quote">CATATAN ANDA DI SINI...</b>
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <b>TEKS ANDA DI SINI...</b>
Untuk menciptakan efek huruf miring gunakan tag <i>TEKS ANDA DI SINI...</i>

Postingan populer dari blog ini

Proses Terciptanya Alam Semesta

Urantia. Buku malaikat?

Wajah di Mars